Sekilas tentang IKEA
IKEA adalah sebuah peritel perabot untuk rumah tangga dari Swedia. Pada musim
dingin 2004,
terdapat 364 toko IKEA di 46 negara di berbagai belahan dunia. Katalog IKEA
yang berisi info produk IKEA diperkirakan adalah buku yang pendistribusiannya
kedua terluas setelah Alkitab dan biasanya diperbaharui tiap Agustus. Pada
tanggal 15
Oktober 2014, Hero
Supermarket, pemegang lisensi IKEA di Indonesia telah membuka gerai pertama
IKEA diAlam Sutera, Tangerang, Banten, Indonesia [1]. IKEA
Alam Sutera merupakan toko ke-364 dan yang paling baru dari 46 negara di dunia [2]. IKEA
juga sudah menjalin kerja sama dengan industri lokal di Solo, Jawa
Tengah dengan
mengambil bahan baku dan pengrajin di Solo dan Yogya.
Produk-produk lokal tersebut akan dipasarkan IKEA ke pasar internasional [3].
Pengucapan IKEA adalah /i'ke.a/
seperti cara membaca bahasa
Indonesianamun pengucapan lainnya yang banyak digunakan adalah /aɪ'ki:ə/
seperti kata bahasa
Inggris, idea.
Sejarah
Tentang Ikea
Perusahaan ini didirikan Ingvar
Kamprad pada 1943 saat ia berusia 17 tahun yang sekarang
sudah menjadi salah satu orang terkaya di dunia. IKEA adalah singkatan dari
namanya, Ingvar Kamprad; tempat ia dilahirkan, Elmtaryd; dan desanya, Agunnaryd
Awalnya, IKEA menjual berbagai
barang, dari pulpen, dompet, bingkai
foto, hingga jam
tangan. Perabotan mulai masuk ke dalam daftar pada 1947 dan IKEA mulai merancang sendiri pada 1955.
Penjualan pada mulanya
dilakukan melalui pos dan kemudian, sebuah toko dibuka di Älmhult yang kemudian menjadi model toko IKEA untuk
selanjutnya. Pada 23 Maret 1963, toko IKEA pertama di luar Swedia dibuka di Asker, dekat Oslo,Norwegia.
Sejarah
evolusi logo ikea
Cerita
di balik nama
Nama IKEA merupakan kombinasi inisial dari penemu IKEA
founder, Ingvar Kamprad, (IK) dengan huruf pertama dari nama-nama pertanian dan
desa tempat ia dibesarkan
- Elmtaryd dan Agunnaryd (EA). Logo IKEA hampir tidak berubah selama sejarah
perusahaan dan versi tahun 1967 tetap menjadi simbol yang konsisten dari bisnis
IKEA
Font Logo IKEA
Logo IKEA menggunakan font Verdana dan menggunakan
warna Kuning (FFSF0C)
Warna Logo IKEA
Warna pada logo ikea. Menggunakan warna
kuning pada tulisannya. Arti warna kuning tersebut adalah warna cerah
yang dapat menarik banyak perhatian. Warna ini bisa dipakai sedikit untuk
pemberitahuan, seperti cahaya kedua lampu rem yang berada dikendaraan. Warna
kuning menstimulasi berbagai fungsi tubuh, seperti aliran empedu dan cara kerja
hati. Ia memiliki sifat pencahar dengan cara mempromosikan sekresi asam lambung
dan membantu pembuangan usus.
Kuning juga berhubungan dengan intelektual dan proses mental. Warna
cerah ini juga merangsang otak serta membuat Anda lebih waspada dan tegas.
Kuning adalah warna yang ceria, menyenangkan dan penuh energi. Tidak heran
warna kuning identik dengan mainan anak-anak.
Kuning juga biasanya di gunakan untuk mendapatkan perhatian dari orang
yang melihat desain logo. Karena begitu kuatnya warna kuning ini, seringkali di
gunakan untuk mendapatkan perhatian orang. Ingat rambu lalu lintas yang
memberikan tanda bahaya? Semua di dominasi warna kuning atau merah karena
sifatnya menarik perhatian.
SUMBER :
STARBUCKS
Tentang Starbucks
Starbucks Corporation adalah sebuah perusahaan kopi dan jaringan kedai kopi global asal Amerika Serikat yang berkantor
pusat di Seattle, Washington.
Starbucks adalah perusahaan kedai
kopi terbesar
di dunia,dengan 20.336 kedai di 61 negara, termasuk 13.123 di Amerika Serikat,
1.299 di Kanada, 977 di Jepang, 793 di Britania Raya, 732 di Cina, 473 di Korea
Selatan, 363 di Meksiko, 282 di Taiwan, 204 di Filipina, dan 164 di Thailand.[1]
Starbucks menjual minuman panas
dan dingin, biji kopi, salad, sandwich panas dan dingin, kue kering manis,
camilan, dan barang-barang seperti gelas dan tumbler.
Melalui divisi Starbucks Entertainment dan merek Hear
Music, perusahaan ini juga memasarkan buku, musik, dan film. Banyak
di antara produk perusahaan yang bersifat musiman atau spesifik terhadap daerah
tempat kedai berdiri. Es krim dan kopi Starbucks juga dijual di toko grosir.
Sejak didirikan tahun 1971 di
Seattle sebagai pemanggang dan pengecer biji
kopi setempat,
Starbucks meluas dengan cepat. Pada tahun 1990-an, Starbucks membuka kedai baru
setiap hari kerja, satu tahap yang terus dilanjutkan sampai tahun 2000-an.
Kedai pertama di luar Amerika Serikat atau Kanada dibuka pada pertengahan
1990-an, dan jumlah kedainya di luar negeri mewakili sepertiga dari total kedai
Starbucks di seluruh dunia.[3]Perusahaan
ini berencana membuka 900 kedai baru di luar Amerika Serikat pada tahun 2009,[4] dan telah menutup 300 kedai di Amerika
Serikat sejak 2008.[5]
Sejarah evolusi logo starbucks
Logo Starbucks Pertama (1971)
Logo asli berasal pada tahun 1971 yang dibuat setelah abad
ke-15 Norse ukiran kayu dan gambar dua ekor putri duyung mitos sirene. Sirene
adalah mitologi yang berasal dari Yunani yang merupakan sosok perempuan menarik
dan tak tertahankan, biasanya half-fish/half-women (berbagai putri duyung).
Tujuan sirene adalah untuk merayu pelaut berlayar di laut dengan lagu menarik
yang paling kuat, dan sering terjadi rentan kematian malang pelaut yang tidak
bisa menahan godaan. Dengan skema warna cokelat kopi cincin melingkar
mengelilingi sosok putri duyung mitologis berisi teks Starbucks-Coffee-Tea-Spices.
Keseluruhan gambar dirancang dengan menyerupai label cerutu pita. Simbolisme
sirene putri duyung tidak dimaksudkan untuk menyarankan runtuhnya pelanggan
yang membeli kopi tapi mewakili kualitas menarik dan menggoda dari kopi itu
sendiri. Selama tiga puluh lima tahun terakhir logo Starbucks telah mengalami
beberapa perubahan yang signifikan, namun tetap mengikuti tema yang asli.
Versi asli tetap digunakan sampai tahun 1987 ketika Howard Schultz meningkatkan modal yang cukup dari investor lokal untuk membeli Starbucks dari pendirinya sebanyak 3,7 juta.
Versi asli tetap digunakan sampai tahun 1987 ketika Howard Schultz meningkatkan modal yang cukup dari investor lokal untuk membeli Starbucks dari pendirinya sebanyak 3,7 juta.
![](https://ziggy1st.files.wordpress.com/2013/03/sbux_logo_pre_1987.gif)
Logo
Starbucks Kedua (1987)
Sebuah
revisi ketiga dari logo Starbucks pada tahun 1992 terdapat gambar putri duyung
dengan tampilan close-up dan pusarnya tidak lagi terlihat. Ekor putri duyung di
kedua sisi yang sebagian besar tertutup menciptakan beberapa misteri dan
pertanyaan bagi mereka yang tidak akrab dengan logo sebelumnya.
Pada
revisi ini, rambut siren diperpanjang menutupi dada si siren. Logo yang
direvisi pada tahun 1987 ini membuat bsebuah perubahan besar. Yaitu pada
warnanya, dirubah total menjadi warna hijau. Maksudnya adalah mengibaratkan
pertumbuhan, kesegaran, keunikan, dan kemakmuran dari perusahaan yang
berkembang pesat.
Namun tetap saja, logo yang sudah direvisi ini mengundang kontroversi. Alasannya karena posisi siren tersebut yang masih tetap memperlihatkan badannya.
Namun tetap saja, logo yang sudah direvisi ini mengundang kontroversi. Alasannya karena posisi siren tersebut yang masih tetap memperlihatkan badannya.
Logo Starbucks Ketiga (1992)
Logo
ini mengalami revisi pada tahun 1992, dengan menurunkan posisi gambar siren
atau lebih terkesan close up. Sehingga hanya memperlihatkan wajah siren, dan
hanya sedikit sekali badan siren. Pusarnya pun hilang di logo ketiga ini.
Logo Sekarang
Baru-baru
ini pada bulan April tahun 2008 adalah pengenalan Pike Place Roast blend,
Starbucks telah kembali memperkenalkan versi logo asli . Meskipun ini bukan
pengganti logo Starbucks saat ini, ''you'ill find this retro-logo on the
Pike Place Roast cups and Pike Place Roast bags of coffee beans''. Versi
logo baru ini mirip dengan motif cerutu dari logo asli pada tahun 1970-an
dengan beberapa perbedaan.
Kisah Perubahan Logo Starbucks
Logo pertama langsung menimbulkan kontroversi karena adanya
gambar putri duyung telanjang yang jelas-jelas tampak payudaranya itu, sehingga
mau tak mau, logo itu harus direvisi.Akhirnya, pada tampilan logo kedua, rambut
Syren sedikit diturunkan untuk menutupi dadanya. Tapi ternyata itu masih belum
cukup, kali ini pose Syren dianggap tidak pantas dan kembali mengundang
kontroversi. Akhirnya pada pembuatan logo ketiga, pihak desainer
memodivikasinya kembali dengan menurunkankan posisi gambar Syren, sehingga yang
tampak hanya wajah dan sedikit badannya. Logo modifikasi inilah yang sampai
sekarang digunakan sebagai Logo Starbucks (gambar pertama). Putri duyung Syren
yang menyambut siapa saja dengan senyuman memikatnya.
Dalam Mitologi Yunani sendiri, Syren atau ‘’’Seirenes’’’ (bahasa Yunani: Σειρῆνας) adalah makhluk legendaris, termasuk kaum Naiad (salah satu kaum nimfa yang hidup di air) yang hidup di lautan. Mereka tinggal di sebuah pulau yang bernama Syrenum Scopuli, atau menurut beberapa tradisi berbeda mereka tinggal di tanjung Pelorum, pulau Anthemusa, pulau Syrenusian dekat Paistum, atau di Capreae, yang mana semuanya adalah tempat-tempat yang dikelilingi oleh batu karang dan tebing. Mereka mempunyai suara yang sangat merdu, mereka sering menyanyikan lagu-lagu memikat hati yang membuat para pelayar yang mendengarnya menjadi terbuai sehingga kapal mereka menabrak karang dan tenggelam.
Kemerduan suara Syren ini diceritakan dalam kisah Odisseia. Suatu ketika, saat Odisseus harus melewati pantai berkarang yang dihuni oleh para Syren, ia menyuruh semu awak kapalnya untuk menyumbat telinga mereka dengan lilin agar tidak mendengar suara para Syren yang menghanyutkan hati. Ia sendiri ingin agar dirinya diikat pada tiang dengan tidak menyumbat telinga karena penasaran seperti apa nyanyian para Syren tersebut.
Dalam Mitologi Yunani sendiri, Syren atau ‘’’Seirenes’’’ (bahasa Yunani: Σειρῆνας) adalah makhluk legendaris, termasuk kaum Naiad (salah satu kaum nimfa yang hidup di air) yang hidup di lautan. Mereka tinggal di sebuah pulau yang bernama Syrenum Scopuli, atau menurut beberapa tradisi berbeda mereka tinggal di tanjung Pelorum, pulau Anthemusa, pulau Syrenusian dekat Paistum, atau di Capreae, yang mana semuanya adalah tempat-tempat yang dikelilingi oleh batu karang dan tebing. Mereka mempunyai suara yang sangat merdu, mereka sering menyanyikan lagu-lagu memikat hati yang membuat para pelayar yang mendengarnya menjadi terbuai sehingga kapal mereka menabrak karang dan tenggelam.
Kemerduan suara Syren ini diceritakan dalam kisah Odisseia. Suatu ketika, saat Odisseus harus melewati pantai berkarang yang dihuni oleh para Syren, ia menyuruh semu awak kapalnya untuk menyumbat telinga mereka dengan lilin agar tidak mendengar suara para Syren yang menghanyutkan hati. Ia sendiri ingin agar dirinya diikat pada tiang dengan tidak menyumbat telinga karena penasaran seperti apa nyanyian para Syren tersebut.
Arti pemilihan warna
hijau pada logo starbucks
Hijau dikaitkan
dengan dunia alam. Karena hubungannya dengan alam, hijau dianggap sebagai warna
menenangkan dan santai. Warna ini dapat membantu orang yang sering merasa
tegang. Hijau akan menyeimbangkan emosi, menciptakan keterbukaan antara Anda
dan orang lain. Warna ini juga terkait dengan cakra jantung sehingga dipercaya
membantu masalah emosional, seperti cinta, kepercayaan, dan kasih sayang. Para
peneliti juga menemukan warna hijau dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Para siswa yang membaca materi tulisan di atas lembaran hijau transparan akan
meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman. Efek rileksasi dan menenangkan
dari warna ini mungkin jadi penyebabnya. Hijau adalah warna yang tenang karena
biasanya di kaitkan dengan lingkungan dan alam. Di dalam desain, kita bisa
menggunakan warna hijau untuk memberikan kesan segar. Dan dengan mudah kita
bisa memberikan nuansa membumi dengan kombinasi warna hijau dan coklat gelap. -
See more at:
http://desainlogodesign.com/arti-warna-pada-logo-perusahaan-dan-pengaruh-emosionalnya-pada-konsumen#sthash.IZiPStQs.dpuf
SUMBER :
http://desainlogodesign.com/arti-warna-pada-logo-perusahaan-dan-pengaruh-emosionalnya-pada-konsumen
yuk main sabung ayam
BalasHapusyuk main agen sabung ayam
yuk main judi sabung ayam online
yuk main bolavita
yuk main asianbookie
BANDAR Taruhan Online Terpercaya BOLAVITA
1. http://www.ayamvita.com/cara-jitu-menang-judi-sabung-ayam-online-indonesia/