Sabtu, 23 Januari 2016

REVOLUSI LOGO IKEA & STARBUCKS

Sekilas tentang IKEA

IKEA adalah sebuah peritel perabot untuk rumah tangga dari Swedia. Pada musim dingin 2004, terdapat 364 toko IKEA di 46 negara di berbagai belahan dunia. Katalog IKEA yang berisi info produk IKEA diperkirakan adalah buku yang pendistribusiannya kedua terluas setelah Alkitab dan biasanya diperbaharui tiap Agustus. Pada tanggal 15 Oktober 2014, Hero Supermarket, pemegang lisensi IKEA di Indonesia telah membuka gerai pertama IKEA diAlam Sutera, Tangerang, Banten, Indonesia [1]. IKEA Alam Sutera merupakan toko ke-364 dan yang paling baru dari 46 negara di dunia [2]. IKEA juga sudah menjalin kerja sama dengan industri lokal di Solo, Jawa Tengah dengan mengambil bahan baku dan pengrajin di Solo dan Yogya. Produk-produk lokal tersebut akan dipasarkan IKEA ke pasar internasional [3].
Pengucapan IKEA adalah /i'ke.a/ seperti cara membaca bahasa Indonesianamun pengucapan lainnya yang banyak digunakan adalah /aɪ'ki:ə/ seperti kata bahasa Inggris, idea.

Sejarah Tentang Ikea
Perusahaan ini didirikan Ingvar Kamprad pada 1943 saat ia berusia 17 tahun yang sekarang sudah menjadi salah satu orang terkaya di dunia. IKEA adalah singkatan dari namanya, Ingvar Kamprad; tempat ia dilahirkan, Elmtaryd; dan desanya, Agunnaryd
Awalnya, IKEA menjual berbagai barang, dari pulpen, dompet, bingkai foto, hingga jam tangan. Perabotan mulai masuk ke dalam daftar pada 1947 dan IKEA mulai merancang sendiri pada 1955.
Penjualan pada mulanya dilakukan melalui pos dan kemudian, sebuah toko dibuka di Älmhult yang kemudian menjadi model toko IKEA untuk selanjutnya. Pada 23 Maret 1963, toko IKEA pertama di luar Swedia dibuka di Asker, dekat Oslo,Norwegia.



Sejarah evolusi logo ikea

Cerita di balik nama
Nama IKEA merupakan kombinasi inisial dari penemu IKEA founder, Ingvar Kamprad, (IK) dengan huruf pertama dari nama-nama pertanian dan desa tempat ia dibesarkan - Elmtaryd dan Agunnaryd (EA). Logo IKEA hampir tidak berubah selama sejarah perusahaan dan versi tahun 1967 tetap menjadi simbol yang konsisten dari bisnis IKEA


Font Logo IKEA
Logo IKEA menggunakan font Verdana dan menggunakan warna Kuning (FFSF0C)

Warna Logo IKEA
Warna pada logo ikea. Menggunakan warna kuning pada tulisannya. Arti warna kuning tersebut adalah warna cerah yang dapat menarik banyak perhatian. Warna ini bisa dipakai sedikit untuk pemberitahuan, seperti cahaya kedua lampu rem yang berada dikendaraan. Warna kuning menstimulasi berbagai fungsi tubuh, seperti aliran empedu dan cara kerja hati. Ia memiliki sifat pencahar dengan cara mempromosikan sekresi asam lambung dan membantu pembuangan usus.
Kuning juga berhubungan dengan intelektual dan proses mental. Warna cerah ini juga merangsang otak serta membuat Anda lebih waspada dan tegas. Kuning adalah warna yang ceria, menyenangkan dan penuh energi. Tidak heran warna kuning identik dengan mainan anak-anak.
Kuning juga biasanya di gunakan untuk mendapatkan perhatian dari orang yang melihat desain logo. Karena begitu kuatnya warna kuning ini, seringkali di gunakan untuk mendapatkan perhatian orang. Ingat rambu lalu lintas yang memberikan tanda bahaya? Semua di dominasi warna kuning atau merah karena sifatnya menarik perhatian.




SUMBER :



























STARBUCKS


Tentang Starbucks
Starbucks Corporation adalah sebuah perusahaan kopi dan jaringan kedai kopi global asal Amerika Serikat yang berkantor pusat di Seattle, Washington. Starbucks adalah perusahaan kedai kopi terbesar di dunia,dengan 20.336 kedai di 61 negara, termasuk 13.123 di Amerika Serikat, 1.299 di Kanada, 977 di Jepang, 793 di Britania Raya, 732 di Cina, 473 di Korea Selatan, 363 di Meksiko, 282 di Taiwan, 204 di Filipina, dan 164 di Thailand.[1]
Starbucks menjual minuman panas dan dingin, biji kopi, salad, sandwich panas dan dingin, kue kering manis, camilan, dan barang-barang seperti gelas dan tumbler. Melalui divisi Starbucks Entertainment dan merek Hear Music, perusahaan ini juga memasarkan buku, musik, dan film. Banyak di antara produk perusahaan yang bersifat musiman atau spesifik terhadap daerah tempat kedai berdiri. Es krim dan kopi Starbucks juga dijual di toko grosir.
Sejak didirikan tahun 1971 di Seattle sebagai pemanggang dan pengecer biji kopi setempat, Starbucks meluas dengan cepat. Pada tahun 1990-an, Starbucks membuka kedai baru setiap hari kerja, satu tahap yang terus dilanjutkan sampai tahun 2000-an. Kedai pertama di luar Amerika Serikat atau Kanada dibuka pada pertengahan 1990-an, dan jumlah kedainya di luar negeri mewakili sepertiga dari total kedai Starbucks di seluruh dunia.[3]Perusahaan ini berencana membuka 900 kedai baru di luar Amerika Serikat pada tahun 2009,[4] dan telah menutup 300 kedai di Amerika Serikat sejak 2008.[5]






Sejarah evolusi logo starbucks



Logo Starbucks Pertama (1971)
Logo asli berasal pada tahun 1971 yang dibuat setelah abad ke-15 Norse ukiran kayu dan gambar dua ekor putri duyung mitos sirene. Sirene adalah mitologi yang berasal dari Yunani yang merupakan sosok perempuan menarik dan tak tertahankan, biasanya half-fish/half-women (berbagai putri duyung). Tujuan sirene adalah untuk merayu pelaut berlayar di laut dengan lagu menarik yang paling kuat, dan sering terjadi rentan kematian malang pelaut yang tidak bisa menahan godaan. Dengan skema warna cokelat kopi cincin melingkar mengelilingi sosok putri duyung mitologis berisi teks Starbucks-Coffee-Tea-Spices. Keseluruhan gambar dirancang dengan menyerupai label cerutu pita. Simbolisme sirene putri duyung tidak dimaksudkan untuk menyarankan runtuhnya pelanggan yang membeli kopi tapi mewakili kualitas menarik dan menggoda dari kopi itu sendiri. Selama tiga puluh lima tahun terakhir logo Starbucks telah mengalami beberapa perubahan yang signifikan, namun tetap mengikuti tema yang asli. 


Versi asli tetap digunakan sampai tahun 1987 ketika Howard Schultz meningkatkan modal yang cukup dari investor lokal untuk membeli Starbucks dari pendirinya sebanyak 3,7 juta.







Logo Starbucks Kedua (1987)
Sebuah revisi ketiga dari logo Starbucks pada tahun 1992 terdapat gambar putri duyung dengan tampilan close-up dan pusarnya tidak lagi terlihat. Ekor putri duyung di kedua sisi yang sebagian besar tertutup menciptakan beberapa misteri dan pertanyaan bagi mereka yang tidak akrab dengan logo sebelumnya.
Pada revisi ini, rambut siren diperpanjang menutupi dada si siren. Logo yang direvisi pada tahun 1987 ini membuat bsebuah perubahan besar. Yaitu pada warnanya, dirubah total menjadi warna hijau. Maksudnya adalah mengibaratkan pertumbuhan, kesegaran, keunikan, dan kemakmuran dari perusahaan yang berkembang pesat.

Namun tetap saja, logo yang sudah direvisi ini mengundang kontroversi. Alasannya karena posisi siren tersebut yang masih tetap memperlihatkan badannya.
Hasil gambar untuk logo starbucks kedua





Logo Starbucks Ketiga (1992)
Logo ini mengalami revisi pada tahun 1992, dengan menurunkan posisi gambar siren atau lebih terkesan close up. Sehingga hanya memperlihatkan wajah siren, dan hanya sedikit sekali badan siren. Pusarnya pun hilang di logo ketiga ini.
Hasil gambar untuk logo starbucks kedua






Logo Sekarang
Baru-baru ini pada bulan April tahun 2008 adalah pengenalan Pike Place Roast blend, Starbucks telah kembali memperkenalkan versi logo asli . Meskipun ini bukan pengganti logo Starbucks saat ini, ''you'ill find this retro-logo on the Pike Place Roast cups and Pike Place Roast bags of coffee beans''. Versi logo baru ini mirip dengan motif cerutu dari logo asli pada tahun 1970-an dengan beberapa perbedaan.




Kisah Perubahan Logo Starbucks
Logo pertama langsung menimbulkan kontroversi karena adanya gambar putri duyung telanjang yang jelas-jelas tampak payudaranya itu, sehingga mau tak mau, logo itu harus direvisi.Akhirnya, pada tampilan logo kedua, rambut Syren sedikit diturunkan untuk menutupi dadanya. Tapi ternyata itu masih belum cukup, kali ini pose Syren dianggap tidak pantas dan kembali mengundang kontroversi. Akhirnya pada pembuatan logo ketiga, pihak desainer memodivikasinya kembali dengan menurunkankan posisi gambar Syren, sehingga yang tampak hanya wajah dan sedikit badannya. Logo modifikasi inilah yang sampai sekarang digunakan sebagai Logo Starbucks (gambar pertama). Putri duyung Syren yang menyambut siapa saja dengan senyuman memikatnya. 


Dalam Mitologi Yunani sendiri, Syren atau ‘’’Seirenes’’’ (bahasa Yunani: Σειρῆνας) adalah makhluk legendaris, termasuk kaum Naiad (salah satu kaum nimfa yang hidup di air) yang hidup di lautan. Mereka tinggal di sebuah pulau yang bernama Syrenum Scopuli, atau menurut beberapa tradisi berbeda mereka tinggal di tanjung Pelorum, pulau Anthemusa, pulau Syrenusian dekat Paistum, atau di Capreae, yang mana semuanya adalah tempat-tempat yang dikelilingi oleh batu karang dan tebing. Mereka mempunyai suara yang sangat merdu, mereka sering menyanyikan lagu-lagu memikat hati yang membuat para pelayar yang mendengarnya menjadi terbuai sehingga kapal mereka menabrak karang dan tenggelam. 



Kemerduan suara Syren ini diceritakan dalam kisah Odisseia. Suatu ketika, saat Odisseus harus melewati pantai berkarang yang dihuni oleh para Syren, ia menyuruh semu awak kapalnya untuk menyumbat telinga mereka dengan lilin agar tidak mendengar suara para Syren yang menghanyutkan hati. Ia sendiri ingin agar dirinya diikat pada tiang dengan tidak menyumbat telinga karena penasaran seperti apa nyanyian para Syren tersebut.


Arti pemilihan warna hijau pada logo starbucks

Hijau dikaitkan dengan dunia alam. Karena hubungannya dengan alam, hijau dianggap sebagai warna menenangkan dan santai. Warna ini dapat membantu orang yang sering merasa tegang. Hijau akan menyeimbangkan emosi, menciptakan keterbukaan antara Anda dan orang lain. Warna ini juga terkait dengan cakra jantung sehingga dipercaya membantu masalah emosional, seperti cinta, kepercayaan, dan kasih sayang. Para peneliti juga menemukan warna hijau dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Para siswa yang membaca materi tulisan di atas lembaran hijau transparan akan meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman. Efek rileksasi dan menenangkan dari warna ini mungkin jadi penyebabnya. Hijau adalah warna yang tenang karena biasanya di kaitkan dengan lingkungan dan alam. Di dalam desain, kita bisa menggunakan warna hijau untuk memberikan kesan segar. Dan dengan mudah kita bisa memberikan nuansa membumi dengan kombinasi warna hijau dan coklat gelap. - See more at: http://desainlogodesign.com/arti-warna-pada-logo-perusahaan-dan-pengaruh-emosionalnya-pada-konsumen#sthash.IZiPStQs.dpuf

SUMBER :
http://desainlogodesign.com/arti-warna-pada-logo-perusahaan-dan-pengaruh-emosionalnya-pada-konsumen


1 komentar:

  1. yuk main sabung ayam
    yuk main agen sabung ayam
    yuk main judi sabung ayam online
    yuk main bolavita
    yuk main asianbookie

    BANDAR Taruhan Online Terpercaya BOLAVITA

    1. http://www.ayamvita.com/cara-jitu-menang-judi-sabung-ayam-online-indonesia/

    BalasHapus